Lili Priyani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tantangan Hari ke-138  BERKUMPULLAH, MAKA AKAN TERGALI HIKMAH
BERKUMPULLAH, MAKA AKAN TERGALI HIKMAH

Tantangan Hari ke-138 BERKUMPULLAH, MAKA AKAN TERGALI HIKMAH

Tantangan Hari ke-138

BERKUMPULLAH, MAKA AKAN TERGALI HIKMAH

Penulis Lili Priyani

Hari ini, Selasa tanggal 2 Juni 2020, sungguh jadwal yang super padat bagiku. Bergerak ke sana ke mari, demi menuntaskan semua agenda kegiatan yang (baca: harus) diikuti. Sejak usai sholat Subuh, melanjutkan tilawah, dan membereskan pekerjaan rumah tangga lazimnya ibu-ibu kebanyakan, lalu secara simultan kegiatan silih berganti.

Aku berkemas mematut diri agar tampil lebih segar. Bukankah dengan sedikit riasan alami, akan menyuntikkan energi untuk bersemangat menjalani hari? Aku percaya dengan hal ini. Menggunakan baju dan memadankannya dengan jilbab serta aksesori senada akan menambah rasa nyaman dan percaya diri kala beraktivitas.

Setelah itu, aku bersiap dengan gawai. Kutelusur setiap notifikasi yang masuk. Mataku fokus pada beberapa notifikasi yang menjadi skala prioritas. Grup WhatsApp sekolah, grup wali kelas, grup kelas menjadi tujuan utama. Kupastikan semua informasi dapat kucerna dan beberapa kali aku membalas atau memberikan komentar yang diperlukan. Memang, sejak tadi malam sekira pukul 20.00 WIB, aku tak menyentuh gawai. Tadi malam aku mendampingi putraku yang akan melaksanakan PAT Daring mulai besok. Mengulang beberapa materi pelajaran sekolah sekadar untuk mengingatkan kembali agar pada saatnya PAT, Farrell Putra Johansyah (anakku) tidak kesulitan menjawab soal.

Hari ini akan dilaksanakan Uji Coba PAT Daring Tahun Pelajaran 2019/2020. Seluruh peserta didik SMAN 2 Cikarang Utara mulai dari kelas X IPA, X IPS, XI IPA, dan XI IPS akan mengikuti kegiatan simulasi ini. Aku terlibat dalam pembicaraan interaktif melalui grup WhatsApp kelas X IPA-3. Pengecekan kesiapan siswa untuk mengikuti simulasi, mulai dari kesiapan jaringan internet, kartu peserta yang menjadi syarat mutlak untuk mengikuti PAT, dan meminta siswa untuk mendokumentasikan saat mengikuti simulasi. Daftar hadir kusiapkan untuk memudahkan mengetahui keikutsertaan peserta didik. Sambil memberikan tutorial kepada mereka cara masuk atau login untuk mengerjakan soal simulasi, aku melakukan panggilan videocall kepada tujuh siswa. Resa, Ara, Esa, Rara, Haanaa, Nissaa, Aster, terhubung melalui saluran videocall ini. Kami saling sapa, kutanyakan kabar mereka, dan terutama aku memastikan kesiapan mereka mengikuti simulasi dan juga PAT besok. Kulihat wajah-wajah mereka sedikit berubah. Ah, aku rindu mereka. Rindu anak kelas X IPA-3, rindu siswa yang lainnya, rindu sekolah. Sejak Maret kami tak bersua. Sesekali kami berjumpa secara virtual dalam kegiatan Study From Home yang dilaksanakan secara daring. Kami sempatkan untuk berfoto bersama dengan tangkap layar (screenshoot).

Laporan kegiatan uji coba PAT ini kupaparkan seperti berikut dan kukirimkan kepada pihak sekolah.

LAPORAN KEGIATAN UJI COBA PAT DARING KELAS X IPA-3

A. DAFTAR HADIR UJI COBA PAT DARING 2019/2020 KELAS X IPA-3

1. Anna Anastasya

2. Rara Rifana Novita S

3. Eunike Aster Balisa

4. Siti Nur Maharani

5. Jauza'a Hanaa' Rizqyana

6. R. Shilvika Aulia azzahra

7. Esa brilian

8. Nissa Amanah

9. Resa Ramadhan

10. M.Dede Salim

11.M.iqbal Muzakki

12.Aldi Riyanto

13.Abdul Rozak

14.Mawar ayu lestari

15. Khansa Mumtaz

16. Avettazri Ardelia Aridi

17.syabilla nuraini

18. Diah Irma Yunita

19. Muhamad Faisal Ilham

20.Bunga herawati

21. Hanifah Khalilah

22. Arni Winda Sari

23. Nandita Haura

24. Saskia Mutiara Zahra

25. Alma Tia M

26.Muhamad Fikri

27. Angel Kezia Ali Mihing

28. Alifah Naira

29. Kamilatun Nuraidah

30. Jihad Taufan Bintang

31. Ken Emerald Airlangga K.

32. Annisa Najla

33. Doni

34.Wimbo

35. Lui Zinggan

36. Muhammad Latif H

B. Seluruh siswa sejumlah 36 orang sudah berhasil mengikuti Uji Coba PAT Daring dengan lancar.

Bekasi, 2 Juni 2020

Wali Kelas,

Lili Priyani

Alhamdulillah, kegiatan pertama usai dengan lancar.

Waktu menunjukkan pukul 09.00 WIB, bergegas kubuka laptop. Jadwal Webinar Jabodetabek yang diinisiasi oleh MediaGuru bekerja sama dengan Indosat Ooredo akan dimulai. Kusiapkan semua perangkat penunjang dan aku pun anteng di depan layar.

Kegiatan Webinar ini diikuti oleh para guru yang tergabung dalam Gurusiana MediaGuru, khususnya guru-guru yang ada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi. Tetapi nyatanya tidak hanya guru-guru Jabodetabek saja yang mengikuti kegiatan ini, guru dari berbagai wilayah Indonesia juga bergabung. Itulah pesona MediaGuru. Magnetnya luar biasa, membius para guru. Rasa tertarik yang teramat kuat untuk menggali potensi diri dan mengembangkan kompetensi bersama MediaGuru tak terbendung. Dari daftar partisipan yang tertera di layar Webinar, terlihat ada 250 peserta yang mengikuti kegiatan.

Pertemuan virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting ini dibuka oleh Pimpinan Umum Media Indonesia, CEO Gurusiana, Pemimpin Majalah Literasi Indonesia: Bapak Mohammad Ihsan. Beliau sekaligus bertindak sebagai host dan moderator. Dalam kata-kata pembukaan, Bapak Ihsan memperkenalkan para narasumber yang nanti akan tampil dan memaparkan beberapa kegiatan yang sudah, sedang, dan akan dilaksanakan oleh MediaGuru dan Gurusiana. Dengan gaya yang santai, bahasa yang komunikatif, semangat dengan keceriaannya, Pak Ihsan mampu menghipnotis peserta untuk betah ‘menatap’ layar laptop atau gawai.

Selanjutnya perwakilan dari Indosat Ooredo, Ibu Eva menyampaikan kata sambutan dan memaparkan beberapa terobosan Indosat bagi kemajuan pendidikan Indonesia. Saya sebagai pengguna Indosat merasakan manfaat positif dari inovasi Indosat sebagai penyedia layanan komunikasi (kuota dan internet). Saya merasa terbantu dengan beberapa aplikasi yang difasilitasi Indosat.

Usai Ibu Eva, giliran Bapak Moch.Salim Somad, S.Kom., M.Pd. sebagai Kepala LPMP DKI Jakarta. Dengan penuturan yang hangat, penuh senyum, Beliau menyapa para peserta. Kepiawaian Beliau dalam ilmu agama, patut diacungi jempol. Berlanjut dengan pemaparan dari Bapak Haryanto, S.Kom., M.Si. selaku Pengembang Teknologi Pembelajaran LPMP DKI Jakarta.

Narasumber lain yang tampil pada Webinar ini adalah Ibu Valeria Sonata, S.Si., M.M.Th., guru SMA Ichthus Jakarta. Ibu Valeria menyampaikan materi yang bertajuk Virtual Reality untuk Menghilangkan Kejenuhan. Dengan gayanya yang khas, beliau mampu menyampaikan materinya dengan menarik.

Beberapa narasumber lain, berturut-turut adalah Ibu Tuti Agiawati, S.Pd., M.M. Sebagai Kepala SDN 03 Rambutan, Jakarta, menyampaikan materi yang berjudul Asik dengan Google Suite for Education. Dilanjutkan oleh Bapak Dr. Asep Tisna Sanjaya, M.Pd, guru di SDN 03 Klender, Jakarta dengan materi Hypnoteaching Daring Memicu Produk Kreatif Siswa.

Acara Webinar MediaGuru ini juga bisa disaksikan an diikuti secara langsung/live streaming melalui channel Youtube: https://youtube/H9jN-K1VjSQ.

Banyak ilmu yang bisa diserap dari kegiatan ini. Ilmu ini bermanfaat sebagai bekal bagi guru untuk menjadi guru profesional, guru yang tak ketinggalan zaman. Atau bahkan jangan sampai menjadi guru yang tergerus zaman. Guru hadir di segala zaman. Terima kasih MediaGuru, terima kasih Bapak Mohammad Ihsan dan tim yang sudah menggiring guru untuk membuka peradaban baru, membuka mindset guru, dan memfasilitasi guru untuk menuangkan ide kreatif melalui Gurusiana. Saya termasuk seorang guru yang merasakan banyak manfaat dari keikutsertaan dan berkecimpung asyik dengan Gurusiana.

Sepanjang mengikuti kegiatan ini, kuselingi dengan memantau informasi yang masuk melalui gawai. Membaca WA, memberikan komentar bila dirasa perlu, dan memantau grup WA peserta TOT Microsoft yang akan kuikuti. Semua kegiatan ini harus kusinkronkan karena aku sudah memilih untuk mengikuti dan terlibat di dalamnya. Ini konsekuensi logisnya. Meski agak terlihat sibuk tetapi kucoba menata semua kegiatan ini agar berjalan sesuai harapan.

Kegiatanpun berlanjut. Saya mengikuti pertemuan pertama ToT Guru Inovatif 2020 yang difasilitasi oleh Microsoft (Innovative Educator Master Trainer). Dengan arahan instruktur Bapak Jarot Susilo, bersama para guru yang berkeinginan belajar bersama, hari ini kami mengikuti Webinar sebagai kegiatan pendahuluan ToT. Pada kegiatan ini, kami memperoleh informasi tentang Pengenalan Microsoft Community, dan Pengenalan Microsoft Teams. Sebagai instruktur yang andal,, Pak Jarot dengan telaten melayani setiap pertanyaan peserta yang rerata masih awam pada bidang ini.

Pertemuan berakhir pukul 12.00 WIB, jeda istirahat, sholat, dan makan siang sekeluarga. Pukul 13.00 WIB kembali aku tergabung dalam Webinar ToT Microsoft. Satu jam aku bergabung bersama ribuan peserta dari seluruh Indonesia yang terbagi dalam 34 wilayah, semua provinsi. Sebagai bagian dari Guru Inovatif Jabar 6, kami mencerna informasi yang disampaikan oleh Microsoft Indonesia dalam acara Pembukaan ToT Guru Inovatif 2020.

Bismillahirrohmanirrohim, dengan menyebut nama Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, semoga aku bisa mengikuti kegiatan ini sesuai dengan harapan dengan limpahan kemudahan dan keberkahan dari-Nya.

Demikianlah, uraian aktivitasku hari ini. Ternyata berkumpul bersama orang-orang hebat akan membiaskan energi positif dan menebar ‘virus hebat’ kepada kita. Semoga.

(Tulip, 2 Juni 2020)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Hebring bu.

02 Jun
Balas

Aktifitas yang luar biasa Bun

02 Jun
Balas

Wow, keren Mami sudah selesai reportasenya. Sukses selalu dan barakallahu fiik

02 Jun
Balas

Ibu keren. Salam hormat dan kagum saya. Sukses selalu ya Bu.

03 Jun
Balas

Mantap mih

02 Jun
Balas

Mantap mih

02 Jun
Balas

Mantap mih

02 Jun
Balas

Mantap mih

02 Jun
Balas

Mantap mih

02 Jun
Balas

Mantap mih

02 Jun
Balas

Keren mi, ada nama saya nya hhhe

03 Jun
Balas

Keren miih....

03 Jun
Balas

Keren mih

02 Jun
Balas

Keren mih

02 Jun
Balas

Luar biasa semangat terus mamiii

02 Jun
Balas

Keren mih

02 Jun
Balas

Keren mih

02 Jun
Balas

Keren mih

02 Jun
Balas

Keren mih

02 Jun
Balas

Keren mih

02 Jun
Balas

Keren mihh

02 Jun
Balas

Keren mihh

02 Jun
Balas

semangat mami, semangat juga frenz ulangannya besok

02 Jun
Balas

Keren mih

03 Jun
Balas

Keren mii

02 Jun
Balas

Mantep bgt mih keren

10 Jun
Balas

Semoga ulangan PAT secara daring besok lancar.. aamiin

02 Jun
Balas

Keren mih

02 Jun
Balas

Keren mih

02 Jun
Balas

Keren mih

02 Jun
Balas

Keren mih

02 Jun
Balas

Keren Mih Mantap

02 Jun
Balas

Mantapp mih

02 Jun
Balas

Bagus mih keren

02 Jun
Balas

Keren mii

03 Jun
Balas

Alhamdulillah simulasi hariini lancar,sukses terus mih

02 Jun
Balas

Keren Mami.

02 Jun
Balas

Keren Mami.

02 Jun
Balas

Keren Mami.

02 Jun
Balas

Keren Mami.

02 Jun
Balas

Mantap mih, semoga PAT daring nya lancar dan soal-soalnya gampang gampang

03 Jun
Balas

Mantap mih, semoga PAT daring nya lancar dan soal-soalnya gampang gampang

03 Jun
Balas

Keren mii

03 Jun
Balas

Terus berkarya,follow ya bu akun saya,mari berteman

02 Jun
Balas

Keren mi, semangat juga buat yg ulangan

02 Jun
Balas

Baguss bgt mamihh, semoga PAT secara daring Lancar aamiin

03 Jun
Balas



search

New Post